Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang terdiri atas sosis ayam yang dipotong-potong, telor ayam pindang dan irisan hati serta ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, Timlo Solo tidak memakai soup dan jamur.

Timlo Solo

Timlo Solo

Timlo Solo

Nasi Timlo

Timlo Solo adalah masakan khas Solo, Jawa Tengah. Yang terdiri dari campuran nasi, mie putih (soun), suwiran daging ayam,irisan hati dan ampela ayam, sosis solo, dan telur kecap. Pada dasarnya timlo solo memiliki rasa seperti soto. Tetapi yang membedakan dengan soto yang lain adalah komposisinya.

Nasi timlo tidak menggunakan sayuran seperti daun sop-sop an maupun jamur. Dan bahan yang hanya bisa ditemui di dalam nasi timlo, tidak di soto lain, yaitu sosis solo (sejenis lumpia dengan isi ayam).  Selain itu nasi timlo menggunakan telur kecap yang manis atau telur pindang, kebanyakan soto lain (yang menggunakan telur) menggunakan telur rebus biasa.

Cara menyajikannyapun sangat mudah, pertama-tama masukkan mie soun secukupnya, campur dengan potongan sosis solo, telur kecap, irisan ati dan ampela ayam.Kemudian disiram dengan kuah yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan telah dibumbui.Lalu menu inipun siap disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

Namun ada pula pelanggan yang biasanya meminta untuk mencampur nasi putih ke dalam timlo Solo tadi.

Rasa Timlo Solo ini sungguh nikmat, gurih dan segar, bisa disantap kapan saja, sebagai menu sarapan pagi, makan siang maupun makan malam.

Harga seporsi Timlo Solo sangat terjangkau yaitu sekitar 8.000 rupiah seporsi.Cukup terjangkau bukan.

Bila anda singgah ke kota Solo, jangan lupa mencicipi Timlo Solo yang merupakan makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo.

Berikut sedikit informasi lokasi Timlo Solo yang terkenal di kota Solo :

Timlo Sastro, sebelah timur Pasar Gede – Buka jam 07.00 WIB.
Timlo Solo, Jalan Urip Sumoharjo – Buka jam 09.00 – 21.00 WIB