Selain rawon, ada satu lagi kuliner khas Surabaya yang patut anda coba, namanya adalah Tahu Tek. Jika anda sudah pernah melihat Tahu Campur atau Tahu Kupat khas Jawa Tengah, Tahu Tek ini penampakannya tak jauh beda dengannya. Yang membedakan adalah bumbu siramnya. Jika Tahu Campur menggunakan bumbu siram kacang, Tahu Tek ini menggunakan bumbu petis yang pekat.
Kenapa dinamakan Tahu Tek? Konon makanan ini dulu dijajakan secara berkeliling, dan sebagai penanda kehadirannya si penjual biasa memukul-mukul wajannya dengan sutil hingga menghasilkan bunyi “tek tek tek”. Ada juga versi lain yang mengatakan bahwa nama Tahu Tek ini diambil dari suara gunting yang digunakan untuk memotong-motong bahan baku Tahu Tek. Kadang sang penjual menyelipkan sedikit atraksi dengan guntingnya seolah ia sedang memotong sesuatu sehingga menimbulkan bunyi “tek tek tek”.
Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi kuliner khas Surabaya ini adalah Tahu Tek Pak Jayen yang berlokasi di Jl. Dharmahusada Indah No.C-2 Mojo Klanggru, Surabaya. Dalam satu porsi Tahu Tek Pak Jayen terdapat potongan-potongan lontong, tahu, telur, kentang, tauge, dan mentimun. Isian tersebut kemudian disiram bumbu petis yang pekat dan bercitarasa kuat. Sebagai pelengkap, kerupuk udang berukuran kecil turut ditaburkan di atas racikan Tahu Tek. Bumbu petisnya terbuat dari campuran bawang putih, cabai, kacang, kecap manis, dan tentunya petis (biasanya menggunakan petis asli Sidoarjo) yang memberi citarasa khas pada sajian ini.
Tahu Tek Pak Jayen mulai buka jelang malam hari, kira-kira pukul 18.00, berlokasi di area parkir sebuah bengkel mobil. Setelah bengkel mobil selesai beroperasi, lokasi ini akan kembali diramaikan oleh para pelanggan Tahu Tek Pak Jayen yang silih berganti berdatangan. Meski warungnya sederhana, tapi penggemarnya cukup banyak. Saking ramainya, jika kesini anda harus siapkan mental untuk rela bersabar demi menikmati sepiring Tahu Tek yang menggoyang lidah.
Jam Buka: 18.00 – …
Lokasi: Jl. Dharmahusada Indah No.C-2 Mojo Klanggru, Surabaya.