Sate Klathak Pak Bari

Bedanya Sate Klathak dengan sate-sate lainnya yaitu pengolahanya . Jika biasanya sate kambing dibumbui kecap sebelum dibakar, sate klathak ini malah minim bumbu, cukup garam saja bumbunya. Tusukannya pun tidak menggunakan tusuk kayu sebagaimana lazimnya tusuk sate, tapi menggunakan jeruji sepeda yang terbuat dari besi. Konon, karena berfungsi sebagai pengantar panas, tusuk besi inilah yang juga menciptakan sensasi matang yang mumpuni di dalam daging satenya. Sate klathak ini juga tidak menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap sebagai pendamping sajiannya, tapi menggunakan semacam kuah gule yang light, tidak terlalu kental. Rasanya? Dahsyat! Awalnya saya ragu bisa menikmati sate klathak ini, karena saya penggemar berat kecap dan rasa manis. Tapi begitu mencoba gigitan pertama, aroma daging kambing segar yang murni hanya ditimpali rasa asin dari garam ternyata dapat memberikan “kesederhanaan yang mewah” di indera pengecap saya.

Resep Membuat Sate Klatak Khas Jogja
Bahan-bahan Sate Klatak Khas Jogja

Daging kambing muda 500 gram
Bawang putih 50 gram ( dihaluskan )
Bawang merah 15 gram ( dihaluskan )
Jeruk limo 1 butir ( diambil airnya saja )
Garam secukupnya

Bahan-bahan Olesan Sate Klatak

Margarin 250 gram
Bawang putih 50 gram ( dipanggang lalu dihaluskan )
Jahe 25 gram ( dihaluskan )
Kecap manis bango 150 gram

Cara Membuat Sate Klatak
1. Pertama-tama potong daging kambing dengan ukuran untuk sate seperti biasanya .
2. Masukkan ke dalam wadah , lalu bumbui daging kambing yang sudah anda potong-potong tadi dengan bumbu yang sudah haluskan ( bawang putih < bawang merah ) .
3. Kemudian tambahkan air jeruk limo dan garam secukupnya , lalu diamkan didalam lemari pendingin untuk beberapa saat sebelum ditusuk dengan sate . ( usahakan menggunakan tusukan sate yang terbuat dari bahan besi atau stainless steel )
4. Selanjutnya bakar diatas bara dengan sesekali di olesi dengan bahan pengoles sampai wangi dan matang .

Tempat

Jl. Imogiri – Pasar desa Wonokromo (Pleret – Bantul), Pleret, DI Yogyakarta, Indonesia