Nasi megono, makanan yang kami tuju. Tahukah anda tentang nasi megono? yang tinggal di Pekalongan dan sekitarnya, Pemalang, Batang, dan yang pernah mampir di Pekalongan pasti sudah tau, bahkan ada yang sudah mencicipinya. Baiklah, aku ceritain sedikit tentang nasi megono ini. Nasi megono adalah makanan yang sudah biasa disantap oleh warga Pekalongan, bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari. Biasanya, nasi megono paling nikmat disantap dengan lauk tempe goreng, sambel, teh anget. Bagi anda yang kurang mantap, bisa menambahkan lauk kesukaan yang ada di penjualnya.

Hampir dipastikan 75% dari warga pekalongan setiap pagi menyantap nasi megono sebagai menu sarapan pagi mereka,bahkan mungkin ada yang tiap kali ketemu meja makan pasti ada Megononya,sehingga ada lelucon konyol ” jika ketika berpergian jauh naik angkutan umum dan anda melihat sebelah atau penumpang lain dari angkutan umum itu tersebut muntah dan muntahannya terindikasi ada megononya hampir dapat dipastikan 99% dia adalah warga pekalongan” hehehe…
entah siapa pencetus lelucon itu, yang jelas itu menggambarkan demikian melekatnya Megono kepada warga pekalongan.

nasi megono

Nasi megono sendiri paling enak disajikan dengan lauk apa saja, Tauto, soto, cumi / sotong kuah hitam panggang ikan pari atau panggang iwak Pe jika orang pekalongan bilang adalah favorit saya jika menyantap nasi megono kalu nggak ada ya tempe goreng pun cukup layak menemani saya menyantap nasi megono.Cukup mudah mencari nasi megono di pekalongan di berbagai sudut kota dan kabupaten Pekalongan terdapat banyak penjual nasi megono dengan berbagai penyajian, dan harganya pun terbilang cukup murah.

Nasi megono banyak dijual di lapak, pinggir jalan, di alun-alun lebih banyak. Dan makanan ini sering menjadi favorit anak muda dikala malam hari. Nasi megono terbuat dari bahan dasar berupa nangka muda atau tewel, atau cecek, atau gori, dan rempah-rempah lain. Memang kelihatannya sederhana, tapi banyak yang tidak tau cara membuatnya. Saking populernya, nasi megono juga menjadi lauk yang ‘wajib’ dalam hajatan-hajatan besar seperti walimatul ursy, dan lain sebagainya.

Ada beberapa referensi tempat makan nasi megono favorit saya :

  • Nasi Megono Pak Wan lokasi Jalan Kenanga kota pekalongan, disini kita banyak pilihan lauk untuk teman makan nasi megono,buka magrib hingga malam hari
  • Warung Nasi Megono depan Halte Ponolawen, warung ini termasuk istimewa karena hanya buka jam 12 malam hingga menjelang subuh. dan tidak tanggung-tanggung karena yang makan disitu 80 % didominasi anak-anak muda Kota Pekalongan.

Masih juga penasaran? datang saja langsung ke Pekalongan terutama di malam hari, di alun-alun kota maupun Kabupaten Pekalongan. Pasti akan nemu deh tuh penjual nasi megono.